Pilihan Bunga Untuk Tahun Baru Imlek
Table of Contents

Tidak terasa hari raya Imlek akan segera tiba. Biasanya, terdapat berbagai macam ornamen khas Imlek yang dijadikan hiasan. Tidak terkecuali dengan bunga. Ya, bunga juga dijadikan sebagai dekorasi Imlek.

Bunga tidak hanya dijadikan sebagai dekorasi saja, tetapi terdapat makna tersendiri di balik bunga-bunga tersebut. Beberapa bunga yang dijadikan sebagai dekorasi Imlek dipercaya akan mendatangkan keberuntungan.

Nah, berikut ini terdapat beberapa pilihan bunga khas hari raya Imlek dan maknanya yang dapat Anda pilih.

1. Bunga Mei Hwa

Bunga pertama yang sering menjadi dekorasi Imlek adalah Bunga Mei Hwa. Bunga Mei Hwa berasal dari Tiongkok dan memiliki arti bunga cantik. Bunga yang warnanya mirip dengan bunga sakura ini juga menjadi simbol semangat baru. 

Uniknya, bunga satu ini masih dapat tumbuh dikala musim dingin datang. Oleh sebab itu, bunga Mei Hwa dipercaya sebagai lambang keberuntungan, kemakmuran, dan kesejahteraan.

Perlu Anda ketahui kalau bunga mei hwa berbeda dengan bunga sakura. Kedua bunga ini memang mirip lantaran memiliki warna dan bentuk yang tidak begitu berbeda. Keduanya bunga ini hanya mirip saja lantaran berasal dari satu keluarga yang sama. Kalau bunga mei hwa disebut dengan plum blossom sedangkan bunga sakura dikenal dengan sebutan cherry blossom.

2. Bambu Rezeki

Bambu rezeki atau dikenal juga dengan sebutan lucky bamboo sebenarnya hanya mirip dengan tanaman bambu. Saat Imlek tiba, tanaman satu ini banyak dijadikan sebagai dekorasi . Tanaman yang dipercaya membawa keberuntungan ini memiliki lima elemen, yaitu kayu, air, api, bumi, dan logam.

Setiap elemen dari tanaman ini memiliki penjelasannya masing-masing, di antaranya:

  • Elemen kayu merupakan tumbuhan itu sendiri.
  • Elemen air yang memberi makan tanaman.
  • Elemen api berarti Ikatkan pita merah di sekitar tangkai bambu atau wadah.
  • Elemen bumi yaitu batu atau kerikil yang menopang tanaman.
  • Elemen logam merupakan wadah logam atau dapat diganti dengan menggantung 3 koin kaisar Tiongkok di atasnya.

3. Bunga Krisan

Bunga krisan atau juga dikenal dengan sebutan seruni menjadi simbol panjang umur bagi pemiliknya. Selain itu, bunga krisan juga menjadi simbol kesehatan. Saat Imlek, bunga krisan banyak dijumpai sebagai hiasan yang diletakkan di atas meja. Biasanya, warna bunga krisan yang paling banyak ditemukan adalah warna kuning dan oranye. 

Selain itu, bunga krisan ternyata dapat menyerap zat berbahaya seperti formaldehida, ammonia, benzena, dan xylene.

4. Bunga Lily

Bunga lily atau bakung juga sering dijumpai ketika hari raya Imlek tiba. Bunga bakung yang berwarna putih melambangkan kemurnian atau kesucian. Bunga cantik ini tidak hanya tersedia dalam warna putih, tetapi juga warna merah, kuning, oranya, dan warna lainnya.

Bunga bakung ternyata tidak membutuhkan sinar matahari langsung dalam masa pertumbuhannya. Bunga satu ini hanya membutuhkan air agar bisa mekar secara sempurna, lho. Selain itu, bunga bakung dapat tumbuh di dalam pot atau wadah yang hanya berisi air dengan beberapa batu yang menahannya.

5. Pohon Jeruk Mandarin

Terakhir, ada pohon jeruk Mandarin yang melambangkan keberuntungan. Pohon jeruk Mandarin atau Gam Get See dapat berarti emas dan keberuntungan. Lebih lanjut, warna emas yang terdapat pada pohon jeruk Mandarin menjadi lambang uang serta energi positif.

Selain itu, jeruk Mandarin sangat sering dijumpai ketika perayaan Imlek tiba. Buah ini menjadi salah satu buah yang wajib untuk disediakan lantaran dipercaya akan mendatangkan kesejahteraan. 

Nah, itu dia beberapa bunga khas hari raya Imlek yang dapat menjadi inspirasi Anda. Memasang bunga saat Imlek bukan hanya sebatas dekorasi saja tetapi dipercaya dapat membawa keberuntungan. Dari kelima bunga dan tanaman Imlek di atas, mana yang menjadi favorit Anda?

Bunga untuk Hari Natal
5 Rekomendasi Bunga yang Cocok Untuk Dihadiahkan Pada Hari Natal
Tips Memilih Buket Bunga Pernikahan
5 Tips Memilih Buket Bunga Untuk Hari Pernikahan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×