Tradisi Hari Valentine
Table of Contents

Setiap Hari Valentine tiba, banyak orang menghabiskan waktunya dengan orang tersayang. Selain itu, biasanya orang-orang juga akan menghadiahkan cokelat atau bunga kepada pasangan mereka. 

Akan tetapi, di belahan dunia lain, hari kasih sayang diperingati dengan berbagai cara yang unik. Di bawah ini terdapat beberapa tradisi unik yang dilakukan saat Hari Valentine berdasarkan laman Today.

1. Republik Ceko

Hari Valentine telah menjadi populer selama bertahun-tahun di Republik Ceko, meskipun perayaan ini lebih dikenal dengan sebutan “Hari Kasih Sayang” yang diperingati setiap tangga; 1 Mei, bukannya 14 Februari. 

Sudah menjadi tradisi bagi pasangan di negara ini untuk mengunjungi patung penyair Ceko bernama Karel Hynek Macha yang terletak di dekat hutan pohon ceri. Seakan perayaan ini kurang romantis, beberapa pasang kekasih bahkan berciuman di bawah dahan pohon tersebut untuk mendapatkan suatu keberuntungan.

2. Denmark

Bukan hanya pasangan kekasih yang ikut serta dalam perayaan Hari Valentine di Denmark dan Norwegia. Teman dan keluarga pun ikut bertukar “kartu cinta”, yang berisikan perasaan menyentuh hingga kata-kata yang lucu. Beberapa bahkan mengirim surat lelucon tanpa nama – biasanya hanya ada tanda tangan yang ditulis hanya dengan titik saja – disebut “gaekkebrev”. Surat itu menampilkan potongan kertas yang rumit, puisi atau pesan pendek.

Jika penerima gaekkebrev – diterjemahkan menjadi “snowdrop letter” – dapat menebak identitas pengirimnya, mereka akan berhutang telur Paskah pada perayaan Paskah. Sama halnya dengan kebalikannya, jika tebakannya salah maka mereka harus memberikan telur Paskah kepada pengirimnya.

3. Inggris

Terdapat berbagai cara untuk merayakan Hari Valentine di Inggris, tetapi salah satu cara yang paling populer adalah dengan mendengarkan suara merdu dari nyanyian anak-anak. Nantinya, anak-anak tersebut akan mendapatkan permen, buah, atau uang. Beberapa orang juga akan menjual roti Valentine – juga dikenal dengan sebutan “plum shuttles” – roti yang dipanggang dengan kismis, prem, atau biji jintan untuk memperingati panen yang melimpah.

4. Jerman

Jika Anda sudah muak dengan pernak-pernik berbentuk hati di Hari Valentine, dapatkan inspirasi dari pasangan Jerman yang bertukar kado berbentuk babi. Rupanya, babi adalah simbol cinta dan hasrat. Jadi, tidak jarang bagi pasangan di Jerman untuk memberi dan menerima patung babi, boneka binatang, dan lainnya. 

5. Meksiko

Anda tidak harus berada dalam hubungan romantis untuk menikmati festival Hari Valentine di Meksiko. Hal ini terjadi karena 14 Februari adalah “El Día del Amor y Amistad,” yang berarti “Hari Cinta dan Persahabatan,” di mana setiap orang terlepas dari status hubungan mereka dapat merayakannya dengan bunga, kartu, boneka binatang, dan banyak lagi.

6. Filipina

Tidak ada tekanan jika Anda berkencan dengan seseorang di Filipina dan Hari Valentine tiba. Pemerintah sebenarnya menyelenggarakan upacara pernikahan besar-besaran secara massal sehingga ratusan sejoli dapat menikah.

7. Korea Selatan

Pada Hari Valentine, wanita akan menghadiahkan cokelat kepada pasangan mereka; pasangan mereka akan membalas dalam waktu sebulan kemudian pada hari White Day. Akan tetapi, bagi mereka yang masih lajang juga memiliki hari spesial mereka, yaitu pada tanggal 14 April. Perayaan ini juga dikenal sebagai Black Day, ketika orang-orang yang tidak mempunyai pasangan merenungkan (atau merayakan?) status lajang mereka dengan semangkuk “jajangmyeon”, mie dalam saus kacang hitam.

8. Taiwan

Di Taiwan, seorang pria akan memberikan karangan bunga yang besar untuk kekasih mereka pada tangga 14 Februari. Lalu, pada tanggal  7 Juli mereka akan memberikannya lagi.

Itu dia berbagai tradisi unik Hari Valentine di berbagai negara. Ternyata, bukan hanya tanggal 14 Februari saja orang-orang merayakan hari kasih sayang, di negara lain ternyata merayakannya di tanggal yang berbeda. Jadi, Anda ingin merasakan tradisi Hari Valentine di negara mana?

bunga yang cocok untuk valentine
Jenis Bunga Lambang Cinta Abadi untuk Valentine
Bunga Segar vs Bunga Artifisial
Bunga Segar vs Bunga Artifisial: Manakah yang Harus Dipilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hi Dear!

Don't worry, our friendly admin is here to help you making a purchases on web or advice on choosing flowers that suits you best.

×