cara mudah merawat bunga meja agar tidak cepat layu
Table of Contents

Bunga meja merupakan hiasan yang indah untuk rumah maupun kantor. Namun, tidak jarang kita melihat bunga meja cepat layu dan kehilangan keindahannya hanya dalam beberapa hari saja. Nah, guna memastikan bunga meja tetap segar dan tahan lebih lama, terdapat beberapa langkah perawatan yang dapat Anda ikuti. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan praktis tentang cara merawat bunga meja agar tidak cepat layu.

Cara Mudah Merawat Bunga Meja

1. Pilih Bunga yang Segar

Langkah pertama dalam merawat bunga meja adalah memilih bunga yang segar. Pastikan untuk membeli bunga yang masih dalam kondisi bagus dengan kelopak yang belum mulai menguning atau rontok. Hindari memilih bunga yang sudah terlalu matang atau memiliki daun yang mengering.

2. Potong Batang Bunga dengan Benar

Setelah membawa pulang bunga meja, langkah selanjutnya adalah memotong batangnya dengan benar. Gunakan pisau tajam atau gunting bunga yang bersih untuk memotong batang dengan sudut miring sekitar 45 derajat. Potongan ini membantu bunga menyerap lebih banyak air dan nutrisi.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman yang Wajib Ada di Halaman Rumah Anda

3. Melapisi Ujung Batang

Untuk memperpanjang masa hidup bunga meja, langkah selanjutnya dalam merawatnya adalah dengan melapisi ujung batang bunga. Caranya adalah dengan menggunakan kapas untuk melapisi ujung batang bunga dan kemudian membungkusnya dengan plastik yang bersih.

Penting untuk diingat bahwa Anda perlu secara rutin mengganti kapas dan plastik tersebut agar tidak terjadi pertumbuhan jamur dan bakteri. Sebelum melapisi ujung batang dengan kapas, pastikan untuk memotong batangnya sekitar 0,5 hingga 1 cm terlebih dahulu.

4. Tempatkan Bunga di Tempat yang Tepat

Menempatkan bunga meja di tempat yang tepat juga penting untuk menjaga keindahan dan kesegarannya. Hindari menempatkan bunga meja di dekat sumber panas seperti radiator atau di bawah sinar matahari langsung. Bunga meja sebaiknya ditempatkan di ruangan yang sejuk dengan cahaya yang cukup, tetapi tidak terlalu terpapar sinar matahari langsung.

Baca juga: 5 Makna Bunga Mawar Merah yang Perlu Anda Ketahui

5. Beri Air dengan Bijak

Memberikan air dengan bijak adalah faktor penting dalam merawat bunga meja. Pastikan untuk selalu menjaga kelembaban tanah pada level yang tepat. Periksa kelembaban tanah secara teratur dan beri air hanya ketika tanah terasa kering. Selain itu, pastikan tidak memberikan terlalu banyak air agar tanah tidak tergenang, yang dapat memicu pertumbuhan jamur atau membusuknya akar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat merawat bunga meja dengan baik agar tetap segar dan indah dalam jangka waktu yang lebih lama. Jangan lupa untuk menjaga kelembaban tanah, hindari paparan panas dan sinar matahari langsung, dan perhatikan kebersihan vas atau pot bunga. Selain itu, memberikan pupuk secara teratur dan memilih varietas bunga yang tahan lama juga dapat membantu menjaga keindahan bunga meja Anda.

Ingin menjadikan meja Anda lebih indah dengan bunga segar yang memikat? Kunjungi Adorable Florist, tujuan utama untuk semua kebutuhan bunga meja Anda. Dengan koleksi yang beragam dan kualitas yang terjamin, kami menyediakan berbagai bunga meja yang cantik dan segar untuk mempercantik ruangan Anda. Dari mawar yang anggun hingga lili yang eksotis, kami memiliki pilihan bunga meja yang akan membuat setiap meja menjadi pusat perhatian. Dengan layanan yang ramah dan profesional, tim kami siap membantu Anda dalam memilih bunga yang sesuai dengan selera dan gaya Anda. Jadikan meja Anda tampak lebih menarik dengan bantuan Adorable Florist, tempat Anda dapat membeli bunga meja berkualitas tinggi dan memukau.

toko bunga online
8 Tips Membeli Bunga Online agar Tidak Kecewa
wedding bouquet
Jenis-Jenis Bentuk Karangan Bunga Pengantin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hi Dear!

Don't worry, our friendly admin is here to help you making a purchases on web or advice on choosing flowers that suits you best.

×