arti bunga krisan dan manfaatnya
Table of Contents

Bunga krisan atau chrysanthemum adalah salah satu jenis bunga yang memiliki makna dan simbolisme yang kaya. Bunga ini berasal dari Asia Timur dan sering digunakan dalam berbagai acara dan perayaan tradisional di negara-negara seperti China, Jepang, dan Korea. Selain itu, masing-masing warna krisan juga memiliki arti dan makna yang berbeda-beda. Dalam artikel ini, kita akan melihat arti bunga krisan berdasarkan warna dan beberapa manfaatnya.

Arti Bunga Krisan

1. Bunga Krisan Putih

Krisan putih melambangkan kemurnian, kesucian, dan keabadian. Bunga krisan putih sering digunakan dalam perayaan pernikahan dan upacara pemakaman sebagai simbol kesucian dan penghormatan terhadap yang telah meninggal. Krisan putih juga sering dikaitkan dengan perasaan cinta yang tulus, menyatakan rasa hormat dan penghargaan.

2. Bunga Krisan Merah

Krisan merah melambangkan keberanian dan cinta yang dalam. Warna merah yang mencolok pada krisan ini mewakili semangat hidup, cinta yang kuat, dan energi yang membara. Krisan merah sering diberikan untuk menyatakan rasa cinta yang mendalam dan keberanian dalam menghadapi tantangan hidup.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Bunga Meja agar Tidak Cepat Layu

3. Bunga Krisan Kuning

Krisan kuning melambangkan kegembiraan, persahabatan, dan kebahagiaan. Warna kuning yang cerah pada krisan ini mencerminkan keceriaan dan kehangatan. Krisan kuning sering diberikan untuk merayakan momen kebahagiaan, seperti ulang tahun, kelulusan, atau pencapaian penting lainnya. Bunga ini juga melambangkan persahabatan yang tulus dan kegembiraan dalam hidup.

4. Bunga Krisan Merah Muda

Krisan merah muda melambangkan kelembutan, kecantikan, dan kasih sayang. Warna merah muda yang lembut pada krisan ini menunjukkan sisi romantis dan feminin. Krisan merah muda sering digunakan dalam rangkaian bunga untuk menyatakan perasaan cinta dan kasih sayang kepada orang yang dicintai.

5. Bunga Krisan Ungu

Krisan ungu melambangkan kebangsawanan, kemegahan, dan keanggunan. Warna ungu pada krisan ini sering dikaitkan dengan kemewahan dan kekuasaan. Krisan ungu sering diberikan untuk menyatakan rasa hormat dan penghargaan terhadap orang yang berjasa atau untuk merayakan momen-momen penting yang berkaitan dengan keberhasilan.

6. Bunga Krisan Jingga

Krisan jingga melambangkan semangat, kreativitas, dan antusiasme. Warna jingga yang cerah pada krisan ini mencerminkan semangat hidup dan kegembiraan. Krisan jingga sering digunakan dalam rangkaian bunga untuk memberikan dorongan motivasi atau untuk merayakan pencapaian yang luar biasa.

Baca juga: 5 Makna Bunga Mawar Merah yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Bunga Krisan

Dilansir dari laman Halodoc, teh bunga krisan mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang memberikan manfaat penting bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Sumber Potassium yang Penting

Kandungan potassium dalam bunga krisan dapat mendukung fungsi jantung, ginjal, dan organ tubuh lainnya. Tingkat potassium yang memadai dalam tubuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, radang sendi, kanker, gangguan pencernaan, dan masalah kemandulan.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, teh bunga krisan dianggap memiliki efek penurun tekanan darah. Hal ini dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

3. Membantu Meredakan Mabuk Akibat Alkohol

Salah satu manfaat lain dari bunga krisan adalah kemampuannya dalam meredakan gejala mabuk akibat konsumsi alkohol. Minum teh bunga krisan dapat meningkatkan metabolisme alkohol dalam tubuh, membantu memecah dan mengeluarkannya dari sistem tubuh. Selain itu, teh krisan juga dapat melindungi hati dari kerusakan yang terkait dengan pemrosesan alkohol.

Baca juga: 6 Ide Hadiah Ulang Tahun yang Bisa Anda Berikan Untuk Pacar

4. Perawatan Alami untuk Mengobati Kutu

Bunga krisan memiliki sifat insektisida alami dan telah digunakan secara tradisional untuk mengobati kutu. Jika Anda sedang mencari alternatif alami untuk mengatasi kutu, maka teh bunga krisan dapat membantu.

5. Efek Antibakteri

Minyak esensial yang terdapat dalam bunga krisan memiliki efek antibakteri dan antimikroba. Hal ini dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran bakteri serta mikroorganisme lainnya.

Itu dia beberapa arti warna dari bunga krisan beserta manfaatnya. Bunga krisan dengan berbagai warna dan makna simbolisnya tidak hanya indah secara visual, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang beragam. Terlepas dari warna yang dipilih, hadiah bunga krisan dapat menyampaikan pesan yang mendalam dan mengungkapkan perasaan dengan cara yang unik.

macam-macam bunga hias
Berbagai Macam Bunga Hias yang Bagus Ditanam di Depan Rumah Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hi Dear!

Don't worry, our friendly admin is here to help you making a purchases on web or advice on choosing flowers that suits you best.

×