cara menyimpan buket bunga asli
Table of Contents

Bunga merupakan simbol keindahan alam yang sering digunakan untuk menyampaikan perasaan cinta, kasih sayang, dan ucapan selamat. Ketika seseorang memberikan Anda buket bunga asli, itu bukan hanya rangkaian bunga biasa, tetapi juga ekspresi perasaan tulus dari orang yang memberikannya.

Oleh sebab itu, penting untuk tahu bagaimana cara menyimpan buket bunga asli agar bunga tersebut tetap segar dan cantik dalam jangka waktu yang lama. Di bawah ini terdapat beberapa panduan yang dapat membantu Anda ketika ingin menyimpan buket bunga asli.

1. Potong Ujung Batang Bunga

Setelah menerima buket bunga, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memotong ujung batangnya sekitar satu inci secara miring. Hal ini dapat membantu meningkatkan penyerapan air oleh bunga.

2. Bersihkan Vas Bunga

Pastikan juga vas bunga berada dalam keadaan bersih sebelum meletakkan bunga di dalamnya. Bersihkan dengan air hangat dan sedikit deterjen untuk menghilangkan bakteri yang dapat merusak bunga. Lalu, isi vas tersebut dengan air bersih yang hangat (tidak panas). Jangan lupa untuk mengganti air setiap dua hari sekali atau jika airnya sudah keruh.

Baca juga: Berbagai Macam Bunga Hias yang Bagus Ditanam di Depan Rumah Anda

3. Hindari Sinar Matahari Langsung

Jauhkan buket bunga dari sinar matahari langsung dan sumber panas lainnya seperti radiator atau kompor. Suhu ruangan yang sejuk akan membantu bunga tetap segar. Pastikan juga tidak ada daun-daun yang berada di dalam air vas bunga. Daun yang terendam dalam air dapat memicu pertumbuhan bakteri yang bisa merusak bunga.

4. Semprotkan Air pada Kelopak Bunga

Untuk beberapa jenis bunga tertentu, Anda dapat menyemprotkan air sedikit demi sedikit pada kelopak bunga. Anda dapat melakukan hal ini setiap hari guna menjaga kelembaban bunga. Selain itu, jangan meletakkan bunga di dekat alat pemanas atau pendingin udara yang dapat mengeringkan udara dan membuat bunga menjadi cepat layu.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Bunga Meja agar Tidak Cepat Layu

5. Periksa dan Buang Bunga yang Layu

Secara teratur periksa buket bunga Anda dan buang bunga yang sudah layu atau mati. Jika Anda melihat adanya tanda-tanda layu pada daun atau bunga, segera potong bagian yang terkena. Hal ini akan membantu mempertahankan keindahan buket. Perlu Anda ketahui juga bahwa bunga disa mengeluarkan gas etilen yang mempercepat proses penguraian.

6. Gunakan Pengawet Bunga

Anda memiliki opsi untuk menciptakan sendiri pengawet bunga secara alami dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka, satu liter air, dan air lemon. Jika Anda tidak ingin melakukan proses ini, Anda juga dapat memperoleh pengawet bunga jadi yang tersedia di toko-toko bunga.

Nah, itu dia beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika ingin menyimpan buket bunga asli. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menjaga buket bunga asli tetap segar dan cantik dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, merawat bunga pemberian orang lain juga akan membuatnya merasa dihargai dan bahagia atas perhatian Anda yang tulus dalam merawat bunga pemberian mereka.

bunga yang cocok untuk valentine
Jenis Bunga Lambang Cinta Abadi untuk Valentine
Bunga Segar vs Bunga Artifisial
Bunga Segar vs Bunga Artifisial: Manakah yang Harus Dipilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hi Dear!

Don't worry, our friendly admin is here to help you making a purchases on web or advice on choosing flowers that suits you best.

×